Jumat, 21 Desember 2012

Penting Nih! Info Soal Kereta untuk Libur Akhir Tahun

Jakarta - Libur panjang Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung hari. Bagi traveler yang ingin menggunakan kereta api sebagai transportasi liburan, inilah beberapa info yang perlu Anda ketahui.

Selain pesawat, kereta api jadi opsi transportasi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru. Waktu libur yang panjang memungkinkan traveler untuk tidak terburu-buru. Tapi kalau berminat naik kereta saat libur panjang, Anda harus cepat memesan dari sekarang karena tiket dari Jakarta sudah mulai habis terjual.

"Untuk libur Natal, rata-rata untuk kelas eksekutif dan bisnis sudah habis mulai tanggal 20 Desember," kata Putri, Customer Service PT KAI kepada detikTravel di Stasiun Gambir, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta.

Kereta kelas eksekutif yang mulai habis terjual adalah tujuan Semarang, Yogya, Solo, dan Surabaya. Kereta eksekutif tujuan Semarang adalah Argo Sindoro dan Argo Muria (Gambir-Semarang Tawang). Kereta eksekutif tujuan Yogya yaitu Taksaka (Gambir-Yogya), tujuan Solo yakni Argo Dwipangga dan Argo Lawu (Gambir-Stasiun Balapan). Sementara kereta eksekutif tujuan Surabaya yakni Argo Bromo Anggrek (Gambir-Stasiun Pasar Turi) dan Gumarang (Jakarta Kota-Stasiun Pasar Turi).

Bagi traveler yang ingin merayakan pergantian tahun di Bandung, tiket kereta eksekutif Argo Parahyangan (Gambir-Stasiun Bandung) masih tersedia. Nah, Anda yang ingin menghemat bujet transportasi ada baiknya naik kereta ekonomi.

"Untuk kelas ekonomi yang berangkat dari Pasar Senen masih tersedia 40-50 tiket menuju Bandung dan Yogya. Tujuan Semarang, Surabaya, dan Solo sudah mulai habis," lanjut Putri.

Kereta ekonomi yang berangkat dari Pasar Senen menuju Bandung yakni Serayu (Jakarta-Bandung-Kroya), sementara tujuan Yogyakarta adalah Fajar Utama Yogya dan Senja Utama Yogya. Tiket kereta tujuan Semarang yang mulai habis adalah Fajar Utama Semarang, Senja Utama Semarang, dan Tawang Jaya. Untuk tujuan Stasiun Solo Balapan, tiket kereta ekonomi yang juga hampir habis adalah Senja Utama Solo dan Fajar Utama Solo.

Eits, jangan kuatir. Tiket-tiket kereta masih tersedia untuk libur panjang Tahun Baru.

"Untuk Tahun Baru masih tersedia banyak (tiket) baik itu kelas eksekutif atau ekonomi, tapi baiknya pesan dari sekarang karena kini sudah bisa pesan dari H-90," ungkap Putri.

Rupanya, banyak traveler yang menggunakan alat transportasi ini untuk libur panjang. Lonjakan penumpang diperkirakan akan melebihi 1.000 orang setiap harinya. Oleh karena itu dalam hal pemesanan tiket, lebih cepat maka lebih baik.

Selain memesan langsung di loket kereta, ada beberapa cara reservasi dan pembelian tiket. Pemesanan via internet bisa lewat situs resmi PT KAI (www.kereta-api.co.id). Bagi traveler pemegang Rail Card bisa melakukan pembelian di toko yang memasang logo BNI Prepaid.

Anda juga bisa memesan langsung via telepon, yakni lewat Contact Center KA di nomor 121 atau (021) 2139 1121. Selain itu, wisatawan bisa membeli langsung tiket kereta di semua loket PT Pos Online seluruh Indonesia dan gerai-gerai Indomaret terdekat. Bayarlah sesuai jumlah struk, lalu tukarkan langsung di stasiun KA.
 http://travel.detik.com/read/2012/12/20/091622/2123065/1383/penting-nih-info-soal-kereta-untuk-libur-akhir-tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar